Jajak Pendapat
Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Perindustrian & Perdagangan Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?
Baca Berita

HARI INI PEMBUKAAN PAMERAN PETINGET RAHINA TUMPEK LANDEP 2017

Oleh : gadnirep | 28 Agustus 2017 | Dibaca : 404 Pengunjung

Kegiatan Petinget Rahina Tumpek Landep ini diselenggarakan oleh Pemerintah kota Denpasar melalui Disperindag Kota Denpasar pada hari/tanggal Senin, 28 s/d 31 Agustus 2017 di depan Museum Bali. Selaku Ketua Panitia pada kegiatan ini adalah Jero Bendesa Desa Pekraman Denpasar (Bapak A.A. Putu Oka Suwetja,SH,M.Si). Kegiatan ini adalah kegiatan kesembilan kalinya setelah sukses pada tahun 2009 s/d tahun 2016 lalu dan akan diadakan secara rutin setiap tahun serta diharapkan akan lebih baik dan terus meningkat dari tahun sebelumnya. Kegiatan Petinget Rahina Tumpek Landep Tahun ini mengangkat Tema“Tumpek Landep sebagai Hari Pusaka” dan dari tema payung ini diturunkan tema Kirab yaitu “Pemuliaan sinergi keris, subak, seni tari bali sebagai Warisan Budaya Dunia” dan tema Sarasehan “Jelajah Holistik Tumpek Landep sebagai Hari Pusaka local, regional”.

Pembukaan kegiatan Petinget Rahina Tumpek Landep dilaksanakan di depan Museum Bali pada Hari/Tanggal : Senin, 28 Agustus 2017 pukul 15.00 Wita yang dibuka secara resmi oleh Bapak Walikota Denpasar, dengan mengundang seluruh Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar, Pemerhati/Kolektor Keris, unsur akademisi, Tokoh Masyarakat, dll. Pada acara pembukaan akan dipentaskan seni tari dan tabuh anak-anak  Br. Tegeh Sari – Tonja yang dilanjutkan dengan tarian kreasi baru yaitu Tari Baris Landep, yang menggambarkan kewibawaan Keris Bali sebagai lambang Taksu Keluhuran Budaya Nusantara. Tari Baris Landep ini diproduksi oleh Permana Art Studio bekerjasama dengan Disperindag Kota Denpasar.

-          Kirab

Pembukaan kegiatan Petinget Rahina Tumpek Landep tahun ini akan ditandai dengan pelepasan peserta Kirab dengan tema “Pemuliaan sinergi keris, subak, seni tari bali sebagai Warisan Budaya Dunia” yang melibatkan peguyuban Keris, tokoh masyarakat, Pecalang, perwakilan SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar, dan dari unsur lainnya. Pada kirab tahun ini rencananya akan diarak untuk pertama kali Keris Denpasar dengan panjang 1 meter.

-          Pameran Keris

Pameran Keris akan diadakan di dalam Gedung Museum Bali, Acara pameran keris ini akan didukung oleh Pemerhati dan Pecinta Keris di Denpasar dan luar Denpasar, dan didukung juga oleh Pecinta Keris dari luar daerah seperti dari Jawa, Madura, Malang, dan  lain- lain. Pameran keris akan menampilkan keris koleksi milik kolektor keris, Tokoh masyarakat, Puri dan Griya, dan komunitas keris lainnya. Jumlah keris yang akan dipamerkan kurang lebih 150 keris.

-          BursaKeris

Akan diadakan didepan Museum Bali (areal parkir) dengan melibatkan ± 30 orang pedagang keris dari Bali dan luar baliDiadakan didepan Museum Bali (areal parkir) dengan melibatkan 30 orang pedagang keris dari Bali dan luar bali.

-          Sertifikasi Keris

Kegiatan Sertifikasi Keris ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya dilaksanakan dalam Kegiatan Petinget Rahina Tumpek Landep dalam rangka menuju Denpasar Kota Kompeten. Kegiatan ini dilaksanakan mengingat banyaknya masyarakat yang memiliki keris secara turun temurun namun tidak mengetahui spesifikasinya secara detail seperti luk, pamor, fungsi, tahun pembuatan, dll, karena itu masyarakat yang ingin mensertifikatkan kerisnya diharapkan bisa membawa keris ke lokasi kegiatan untuk difoto. Sertifikat akan ditanda tangani oleh Kurator Keris yang sudah mendapat pengakuan.

-                 Pameran Kerajinan produk pande besi, emas perak dan kerajinan lainnya

Diadakan di depan areal parkir depan Museum Bali dengan melibatkan 40 orang peserta.

            -    Serasehan.

Akan diadakan pada Hari/Tanggal : Selasa, 29 Agustus 2017 pukul 08.00 s/d 13.00 Wita di aula Museum Bali dengan tema “Jelajah Holistik Tumpek Landep sebagai Hari Pusaka local, regional” yang rencananya akan melibatkan 100 orang peserta, dari Budayawan, Seniman dan Pecinta Keris, SKPD Terkait, Unsur Akademisi, Bendesa Desa Pekraman se Kota Denpasar, Tokoh Agama dan Adat, STT dan  Swasta.

Dengan pembicara dan moderator :

ü  Prof DR I Nyoman Suarka, M.Hum (Dosen Fakultas Ilmu Budaya, UNUD)

Makalah : Filosofi, etika, Ritual Tumpek Landep sebagai Hari Pusaka

ü  DR AAA. Ngurah Tini Rusmini Gorda (Dosen UNDIKNAS)                          

Makalah : Akselerasi pemberdayaan ekonomi kreatif kerajinan logam.

Melalui peran SDM cerdas dan kebudayaan unggul (peluang dan tantangan)

ü  Drs Nyoman Mudita (Pengusaha, Denpasar)

Makalah : Inovasi Design dan Pengembangan Mutu Pusaka Kerajinan Logam dalam peningakatan kemampuan daya saing local, nasional, global.

DR. Ida Bagus Rai Putra, M. Hum.

Selaku Moderator.

-          Kesenian Tradisional

Untuk memeriahkan kegiatan Petinget Rahina Tumpek Landep dan sekaligus untuk mensosialisasikan maksud dan tujuan dari kegiatan ini kepada masyarakat luas serta untuk menarik jumlah pengunjung, maka akan dipentaskan Kesenian Daerah :

ü  FKPEN Bali

Senin, 28 Agustus 2017 pukul 20.00 Wita

ü  Wayang Cenk Blonk

Selasa, 29 Agustus 2017 pukul 20.00 Wita

ü  Bondres Rare Kual

Rabu, 30 Agustus 2017  pukul 20.00 Wita

ü  Bondres MKP Bali

Jumat, 31 Agustus 2017 pukul 20.00 Wita


Oleh : gadnirep | 28 Agustus 2017 | Dibaca : 404 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Facebook
Twitter